Desa Dersalam pada zaman dahulu kala adalah suatu hutan belantara yang terletak di lembah di antara dua gunung yaitu Gunung Muria dan Gunung Pati Ayam.
Kemudian pada Abad XVI, Saat terjadi Perang antara kerajaan Demak yang dibantu pasukan Kerajaan Majapahit melawan Penjajah Portugis terdamparlah Seorang Prajurit Majapahit di Wilayah Desa Dersalam ini, karena terdesak mundur dan bersembunyi di Wilayah ini, Tokoh itulah yang kemudian di kenal orang dengan Nama
“ KRONO WONGSO ”
Pada saat itu Wilayah Desa Dersalam berupa hutan belantara maka setelah perang mereda dan dirasa aman Krono Wongso perlahan – lahan membuka hutan / babat alas untuk membuat tempat tinggal dan perladangan untuk bercocok tanam guna memenuhi kebutuhan makan agar hidup tetap berjalan dan dari kegiatan rutin membuka lahan / babat alas itu Krono Wongso mempunyai kebiasaan “Ndeder Salam“ ( Menyemai benih pohon salam ) setelah terbukanya lahan.
Akhirnya dari kebiasaan “Ndeder Salam” itu maka Desa kecil baru itu diberi nama “DERSALAM“ dan dari itulah sampai dengan saat ini hampir setiap pojok Desa Dersalam masih banyak pohon Salam.
versi yang kedua menurut para ulama' dan kyai kata Dersalam berasal dari bahasa arab. yaitu Daar yang berarti desa, Assalam yang berarti selamat. jadi Dersalam artinya adalah desa yang selamat.
Demikian sejarah singkat Asal Usul terjadinya Desa Dersalam.
(Sumber Cerita : Wa’wo,Karmani,Suparman,Kang Wahab)
Red: Fatoni dkk.
PROFIL WILAYAH
Desa Dersalam kecamatan Bae Kabupaten Kudus, provinsi Jawa Tengah merupakan satu dari 10 desa di kecamatan Bae yang mempunyai jarak 03 km dari kota kabupaten. Secara geografis Desa
Dersalam sendiri terletak di perbatasan dengan:
Sebelah Utara : Desa Gondangmanis
Sebelah Timur : Desa Ngembalrejo
Sebelah Selatan : Desa Tumpang Krasak
Sebelah Barat : Desa Pedawang
Secara topografis desa Dersalam kecamatan Bae Kabupaten Kudus terdiri atas dataran rendah. Dengan ketinggian ± 10 m diatas permukaan air laut.Sesuai dengan letak geografis, dipengaruhi iklim daerah tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan 2 musim, yaitu musim kemarau pada bulan April – September dan musim penghujan antara bulan Oktober – Maret.
Desa Dersalam dalam suatu sistem hidrologi, merupakan kawasan yang berada pada dataran rendah. Kondisi ini yang menyebabkan rawan terhadap bencana alam banjir pada musim penghujan.
Pola tata guna lahan terdiri dari Perumahan, Tegalan/Kebon, sawah dan penggunaan lainnya dengan sebaran perumahan sebesar 60 %, tegalan/kebon sebesar 7 %, sawah sebesar 24 %, dan penggunaan lainnya yang meliputi jalan, sungai dan tanah kosong sebesar 4%
PROFIL MASYARAKAT
JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN PENDIDIKAN
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB KUDUS SEMESTER 1 TAHUN 2020
Desa/Kelurahan : DERSALAM | ||||
No | PENDIDIKAN | PENDUDUK | ||
Pria | Wanita | Jumlah | ||
1 | TIDAK/BLM SEKOLAH | 951 | 900 | 1851 |
2 | BELUM TAMAT SD/ SEDERAJAT | 295 | 292 | 587 |
3 | TAMAT SD/ SEDERAJAT | 558 | 751 | 1309 |
4 | SLTP SEDERAJAT | 574 | 554 | 1128 |
5 | SLTA SEDERAJAT | 997 | 861 | 1858 |
6 | DIPLOMI I/II | 6 | 12 | 18 |
7 | AKADEMI/DIPLOMA III/ SARJANA MUDA | 76 | 120 | 196 |
8 | DIPLOMA IV/STRATA I | 341 | 366 | 707 |
9 | STRATA II | 30 | 17 | 47 |
10 | STRATA III | 0 | 1 | 1 |
Jumlah Total | 3,828 | 3,874 | 7,702 |
Sumber : DKB Semester 1 2020
JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN PEKERJAAN
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB KUDUS SEMESTER 1 TAHUN 2020
Desa/Kelurahan : DERSALAM | ||||
No | PEKERJAAN | PENDUDUK | ||
Pria | Wanita | Jumlah | ||
1 | BELUM/TIDAK BEKERJA | 1099 | 1112 | 2211 |
2 | MENGURUS RUMAH TANGGA | 0 | 787 | 787 |
3 | PELAJAR/MAHASISWA | 634 | 502 | 1136 |
4 | PENSIUNAN | 43 | 25 | 68 |
5 | PEGAWAI NEGERI SIPIL | 96 | 60 | 156 |
6 | TENTARA NASIONAL INDONESIA | 19 | 1 | 20 |
7 | KEPOLISIAN RI | 20 | 2 | 22 |
8 | PERDAGANGAN | 1 | 5 | 6 |
9 | PETANI/PERKEBUN | 8 | 4 | 12 |
10 | PETERNAK | 0 | 0 | 0 |
11 | NELAYAN/PERIKANAN | 0 | 0 | 0 |
12 | INDUSTRI | 0 | 1 | 1 |
13 | KONSTRUKSI | 0 | 0 | 0 |
14 | TRANSPORTASI | 2 | 0 | 2 |
15 | KARYAWAN SWASTA | 778 | 495 | 1273 |
16 | KARYAWAN BUMN | 19 | 12 | 31 |
17 | KARYAWAN BUMD | 4 | 2 | 6 |
18 | KARYAWAN HONORER | 2 | 6 | 8 |
19 | BURUH HARIAN LEPAS | 522 | 433 | 955 |
20 | BURUH TANI/PERKEBUNAN | 1 | 0 | 1 |
21 | BURUH NELAYAN/PERIKANAN | 0 | 0 | 0 |
22 | BURUH PETERNAKAN | 0 | 0 | 0 |
23 | PEMBANTU RUMAH TANGGA | 0 | 0 | 0 |
24 | TUKANG CUKUR | 0 | 0 | 0 |
25 | TUKANG LISTRIK | 0 | 0 | 0 |
26 | TUKANG BATU | 0 | 0 | 0 |
27 | TUKANG KAYU | 0 | 0 | 0 |
28 | TUKANG SOL SEPATU | 0 | 0 | 0 |
29 | TUKANG LAS/PANDAI BESI | 0 | 0 | 0 |
30 | TUKANG JAHIT | 1 | 7 | 8 |
31 | TUKANG GIGI | 0 | 0 | 0 |
32 | PENATA RIAS | 0 | 0 | 0 |
33 | PENATA BUSANA | 0 | 0 | 0 |
34 | PENATA RAMBUT | 0 | 0 | 0 |
35 | MEKANIK | 0 | 0 | 0 |
36 | SENIMAN | 0 | 0 | 0 |
37 | TABIB | 0 | 0 | 0 |
38 | PARAJI | 0 | 0 | 0 |
39 | PERANCANG BUSANA | 0 | 0 | 0 |
40 | PENTERJEMAH | 0 | 0 | 0 |
41 | IMAM MASJID | 0 | 0 | 0 |
42 | PENDETA | 1 | 0 | 1 |
43 | PASTOR | 0 | 0 | 0 |
44 | WARTAWAN | 0 | 0 | 0 |
45 | USTADZ/MUBALIGH | 1 | 0 | 1 |
46 | JURU MASAK | 0 | 0 | 0 |
47 | PROMOTOR ACARA | 0 | 0 | 0 |
48 | ANGGOTA DPR-RI | 0 | 0 | 0 |
49 | ANGGOTA DPD | 0 | 0 | 0 |
50 | ANGGOTA BPK | 0 | 0 | 0 |
51 | PRESIDEN | 0 | 0 | 0 |
52 | WAKIL PRESIDEN | 0 | 0 | 0 |
53 | ANGGOTA MAHKAMAH KONSTITUSI | 0 | 0 | 0 |
54 | ANGGOTA KABINET/KEMENTRIAN | 0 | 0 | 0 |
55 | DUTA BESAR | 0 | 0 | 0 |
56 | GUBERNUR | 0 | 0 | 0 |
57 | WAKIL GUBERNUR | 0 | 0 | 0 |
58 | BUPATI | 0 | 0 | 0 |
59 | WAKIL BUPATI | 0 | 0 | 0 |
60 | WALIKOTA | 0 | 0 | 0 |
61 | WAKIL WALIKOTA | 0 | 0 | 0 |
62 | ANGGOTA DPRD PROVINSI | 0 | 0 | 0 |
63 | ANGGOTA DPRD KABUPATEN/KOTA | 0 | 0 | 0 |
64 | DOSEN | 11 | 8 | 19 |
65 | GURU | 28 | 91 | 119 |
66 | PILOT | 0 | 0 | 0 |
67 | PENGACARA | 0 | 1 | 1 |
68 | NOTARIS | 0 | 0 | 0 |
69 | ARSITEK | 0 | 0 | 0 |
70 | AKUNTAN | 0 | 0 | 0 |
71 | KONSULTAN | 1 | 0 | 1 |
72 | DOKTER | 7 | 15 | 22 |
73 | BIDAN | 0 | 6 | 6 |
74 | PERAWAT | 4 | 17 | 21 |
75 | APOTEKER | 0 | 1 | 1 |
76 | PSIKIATER/PSIKOLOG | 0 | 0 | 0 |
77 | PENYIAR TELEVISI | 0 | 0 | 0 |
78 | PENYIAR RADIO | 0 | 0 | 0 |
79 | PELAUT | 7 | 0 | 7 |
80 | PENELITI | 0 | 0 | 0 |
81 | SOPIR | 49 | 0 | 49 |
82 | PIALANG | 0 | 0 | 0 |
83 | PARANORMAL | 0 | 0 | 0 |
84 | PEDAGANG | 49 | 0 | 49 |
85 | PERANGKAT DESA | 4 | 3 | 7 |
86 | KEPALA DESA | 1 | 0 | 1 |
87 | BIARAWATI | 0 | 0 | 0 |
88 | WIRASWASTI | 443 | 240 | 683 |
89 | LAINNYA | 0 | 0 | 0 |
Jumlah Total | 3,828 | 3,874 | 7,702 |
Sumber : DKB Semester 1 2020
JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN PEKERJAAN
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB KUDUS SEMESTER 1 TAHUN 2020
Desa/Kelurahan : DERSALAM | ||||
No | PEKERJAAN | PENDUDUK | ||
Pria | Wanita | Jumlah | ||
1 | BELUM/TIDAK BEKERJA | 1099 | 1112 | 2211 |
2 | MENGURUS RUMAH TANGGA | 0 | 787 | 787 |
3 | PELAJAR/MAHASISWA | 634 | 502 | 1136 |
4 | PENSIUNAN | 43 | 25 | 68 |
5 | PEGAWAI NEGERI SIPIL | 96 | 60 | 156 |
6 | TENTARA NASIONAL INDONESIA | 19 | 1 | 20 |
7 | KEPOLISIAN RI | 20 | 2 | 22 |
8 | PERDAGANGAN | 1 | 5 | 6 |
9 | PETANI/PERKEBUN | 8 | 4 | 12 |
10 | PETERNAK | 0 | 0 | 0 |
11 | NELAYAN/PERIKANAN | 0 | 0 | 0 |
12 | INDUSTRI | 0 | 1 | 1 |
13 | KONSTRUKSI | 0 | 0 | 0 |
14 | TRANSPORTASI | 2 | 0 | 2 |
15 | KARYAWAN SWASTA | 778 | 495 | 1273 |
16 | KARYAWAN BUMN | 19 | 12 | 31 |
17 | KARYAWAN BUMD | 4 | 2 | 6 |
18 | KARYAWAN HONORER | 2 | 6 | 8 |
19 | BURUH HARIAN LEPAS | 522 | 433 | 955 |
20 | BURUH TANI/PERKEBUNAN | 1 | 0 | 1 |
21 | BURUH NELAYAN/PERIKANAN | 0 | 0 | 0 |
22 | BURUH PETERNAKAN | 0 | 0 | 0 |
23 | PEMBANTU RUMAH TANGGA | 0 | 0 | 0 |
24 | TUKANG CUKUR | 0 | 0 | 0 |
25 | TUKANG LISTRIK | 0 | 0 | 0 |
26 | TUKANG BATU | 0 | 0 | 0 |
27 | TUKANG KAYU | 0 | 0 | 0 |
28 | TUKANG SOL SEPATU | 0 | 0 | 0 |
29 | TUKANG LAS/PANDAI BESI | 0 | 0 | 0 |
30 | TUKANG JAHIT | 1 | 7 | 8 |
31 | TUKANG GIGI | 0 | 0 | 0 |
32 | PENATA RIAS | 0 | 0 | 0 |
33 | PENATA BUSANA | 0 | 0 | 0 |
34 | PENATA RAMBUT | 0 | 0 | 0 |
35 | MEKANIK | 0 | 0 | 0 |
36 | SENIMAN | 0 | 0 | 0 |
37 | TABIB | 0 | 0 | 0 |
38 | PARAJI | 0 | 0 | 0 |
39 | PERANCANG BUSANA | 0 | 0 | 0 |
40 | PENTERJEMAH | 0 | 0 | 0 |
41 | IMAM MASJID | 0 | 0 | 0 |
42 | PENDETA | 1 | 0 | 1 |
43 | PASTOR | 0 | 0 | 0 |
44 | WARTAWAN | 0 | 0 | 0 |
45 | USTADZ/MUBALIGH | 1 | 0 | 1 |
46 | JURU MASAK | 0 | 0 | 0 |
47 | PROMOTOR ACARA | 0 | 0 | 0 |
48 | ANGGOTA DPR-RI | 0 | 0 | 0 |
49 | ANGGOTA DPD | 0 | 0 | 0 |
50 | ANGGOTA BPK | 0 | 0 | 0 |
51 | PRESIDEN | 0 | 0 | 0 |
52 | WAKIL PRESIDEN | 0 | 0 | 0 |
53 | ANGGOTA MAHKAMAH KONSTITUSI | 0 | 0 | 0 |
54 | ANGGOTA KABINET/KEMENTRIAN | 0 | 0 | 0 |
55 | DUTA BESAR | 0 | 0 | 0 |
56 | GUBERNUR | 0 | 0 | 0 |
57 | WAKIL GUBERNUR | 0 | 0 | 0 |
58 | BUPATI | 0 | 0 | 0 |
59 | WAKIL BUPATI | 0 | 0 | 0 |
60 | WALIKOTA | 0 | 0 | 0 |
61 | WAKIL WALIKOTA | 0 | 0 | 0 |
62 | ANGGOTA DPRD PROVINSI | 0 | 0 | 0 |
63 | ANGGOTA DPRD KABUPATEN/KOTA | 0 | 0 | 0 |
64 | DOSEN | 11 | 8 | 19 |
65 | GURU | 28 | 91 | 119 |
66 | PILOT | 0 | 0 | 0 |
67 | PENGACARA | 0 | 1 | 1 |
68 | NOTARIS | 0 | 0 | 0 |
69 | ARSITEK | 0 | 0 | 0 |
70 | AKUNTAN | 0 | 0 | 0 |
71 | KONSULTAN | 1 | 0 | 1 |
72 | DOKTER | 7 | 15 | 22 |
73 | BIDAN | 0 | 6 | 6 |
74 | PERAWAT | 4 | 17 | 21 |
75 | APOTEKER | 0 | 1 | 1 |
76 | PSIKIATER/PSIKOLOG | 0 | 0 | 0 |
77 | PENYIAR TELEVISI | 0 | 0 | 0 |
78 | PENYIAR RADIO | 0 | 0 | 0 |
79 | PELAUT | 7 | 0 | 7 |
80 | PENELITI | 0 | 0 | 0 |
81 | SOPIR | 49 | 0 | 49 |
82 | PIALANG | 0 | 0 | 0 |
83 | PARANORMAL | 0 | 0 | 0 |
84 | PEDAGANG | 49 | 0 | 49 |
85 | PERANGKAT DESA | 4 | 3 | 7 |
86 | KEPALA DESA | 1 | 0 | 1 |
87 | BIARAWATI | 0 | 0 | 0 |
88 | WIRASWASTI | 443 | 240 | 683 |
89 | LAINNYA | 0 | 0 | 0 |
Jumlah Total | 3,828 | 3,874 | 7,702 |
Sumber : DKB Semester 1 2020
JUMLAH PENDUDUK PER RT RW
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB KUDUS SEMESTER 1 TAHUN 2020
KECAMATAN | KELURAHAN | RW | RT | PRIA | WANITA | JUMLAH |
BAE | DERSALAM | 1 | 1 | 108 | 99 | 207 |
2 | 212 | 182 | 394 | |||
3 | 160 | 167 | 327 | |||
4 | 148 | 159 | 307 | |||
5 | 173 | 156 | 329 | |||
6 | 173 | 182 | 355 | |||
2 | 1 | 219 | 216 | 435 | ||
2 | 153 | 156 | 309 | |||
3 | 384 | 411 | 795 | |||
4 | 95 | 101 | 196 | |||
3 | 1 | 213 | 211 | 424 | ||
2 | 129 | 144 | 273 | |||
3 | 186 | 185 | 371 | |||
4 | 129 | 122 | 251 | |||
4 | 1 | 123 | 144 | 267 | ||
2 | 136 | 151 | 287 | |||
3 | 219 | 211 | 430 | |||
4 | 140 | 136 | 276 | |||
5 | 116 | 101 | 217 | |||
5 | 1 | 140 | 150 | 290 | ||
2 | 209 | 200 | 409 | |||
3 | 130 | 145 | 275 | |||
4 | 133 | 145 | 278 | |||
JUMLAH | 3,828 | 3,847 | 7,702 |
Sumber : DKB Semester 1 2020
JUMLAH PENDUDUK DAN JUMLAH KEPEMILIKAN KARTU KELUARGA
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB KUDUS SEMESTER 1 TAHUN 2020
No | DESA/KELURAHAN | JUMLAH PENDUDUK | JUMLAH KEPEMILIKAN KARTU KELUARGA | ||||
Pria | Wanita | Jumlah | Pria | Wanita | Jumlah | ||
1 | DERSALAM | 3,828 | 3,874 | 7,702 | 2,000 | 479 | 2,479 |
Jumlah Total | 3,828 | 3,874 | 7,702 | 2,000 | 479 | 2,479 |
Sumber : DKB Semester 1 2020
PROFIL POTENSI
Pada umumnya Potensi di Desa Dersalam yang menonjol adalah sbb:
- Pembibitan Lele
- Usaha mainan anak-anak
- Usaha Produksi Geteng Rumah
- Indusrti Rumahan (Makanan Ringan)
- Jasa Sewa Rumah Kost
- Usaha Bengkel LAS
- Usaha Konveksi
MENGENAL MODERASI BERAGAMA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL
Tim dari KKN-IK IAIN Kudus Tahun 2022 di Desa Dersalam mengadakan pembelajaran yang inovatif permainan engklek dan kapal goyang pada Sabtu (17/9/2022). Adapun tujuan permainan dari engklek dan kapal goyang adalah mengenalkan moderasi beragama kepada anak sejak dini.
Materi tentang pembelajaran moderasi beragama biasanya cukup sulit dipahami oleh masyarakat khususnya anak-anak. Maka, perlu dikemas dalam permainan yang menyenangkan dan mengenalkan kembali kepada anak-anak dengan permainan tradisional. Melalui engklek dan kapal goyang, siswa-siswa SD 4 dan 5 Dersalam diajak mengenal arti penting saling menghargai dan mampu menghormati antar agama.
Pengenalan agama resmi di Indonesia dan sikap saling toleransi yang telah diajarkan pada siswa sejak SD namun masih cukup sulit dipahami, Na’im sebagai Ketua Tim KKN-IK mengatakan “... jadi pengemasan tentang moderasi agama harus dikemas dengan menyenangkan bukan hanya materi.”
Permainan engklek dan kapal goyang dikolaborasikan dengan materi moderasi beragama. Hal tersebut, bertujuan memberikan pendidikan tentang bersikap toleransi dan rukun kepada siswa. “Melalui permainan tradisional itu, mampu mengenalkan kembali permainan zaman dahulu yang telah tergantikan oleh gadget,” kata Luluk, salah satu anggota KKN-IK.